PANGGILAN UNTUK KONTRIBUTOR

Posted on

Indonesia kaya akan seni dan budaya? Benar! Tidak ada yang perlu diragukan tentang hal itu. Namun, ada satu kelemahan yang cukup fatal, yaitu kurangnya daya pemasaran informasi mengenai kegiatan seni budaya di Indonesia.

SPEKTAKEL lahir dari kepedulian akan kurangnya pemasaran informasi dan pengelolaan kegiatan seni budaya di Indonesia. Kami melihat ada banyak kegiatan seni budaya di Nusantara yang belum nampak ke permukaan karena belum pernah didata, dikumpulkan, dan banyak yang tidak dipublikasikan dengan penyajian baik.

Dua tahun sudah kami berjalan dan semakin hari kami menyadari pentingnya dukungan dari semua pihak yang memang peduli akan pengembangan seni budaya di Indonesia. Oleh karena itu, kami mengajak teman-teman semua untuk bersama mengabarkan kegiatan-kegiatan seni budaya seantero Nusantara dengan menjadi kontributor kami.

Konten apa saja yang kami terima?

SPEKTAKEL mengolah dan mengelola 2 rubrik seni budaya: DIREKTORI KEGIATAN SENI BUDAYA dan kampanye INI INDONESIA!, serta beragam artikel yang mengupas berbagai macam isu budaya di Indonesia.

Direktori Kegiatan Seni Budaya merupakan kumpulan acara-acara sepanjang tahun yang digelar di Indonesia. Acara-acara yang sudah kami kurasi dapat diakses di website www.spektakel.id. Kami memuat informasi beragam acara dari beragam genre: dari dangdut, punk hingga jazz; ritual, kenduri kampung hingga festival; mistix, klenix hingga Karl Marx…  

Kampanye Ini Indonesia! kami buat sebagai media penyadaran betapa Indonesia beragam dan kaya warna. Kami menyajikan cerita-cerita yang bukan tentang eksotisme tempat semata, namun tentang para manusia penghuninya beserta buah pikir dan laku kebudayaan mereka.

Artikel-artikel yang ditulis dalam perspektif budaya, menyajikan keseharian yang mungkin terlihat remeh tetapi penting untuk menjadi arsip kebudayaan kita, seperti yang ditunjukan oleh tulisan ini https://goo.gl/yGNAJN. Kamu bisa menulis tentang pengalaman perjalanan di Indonesia, kuliner, ritual adat, situs budaya, kegiatan seni, komunitas, dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara menjadi kontributor SPEKTAKEL?

Direktori Kegiatan Seni Budaya

Direktori ini kami sediakan bukan saja untuk kamu yang ingin mencari tahu tentang kegiatan-kegiatan alternatif yang dapat disambangi, namun juga untuk kamu para penyelenggara kegiatan. Direktori ini terbuka untuk diisi oleh siapa saja, khususnya oleh teman-teman yang punya hajat dan ingin dipublikasikan. Fitur ini kami sediakan gratis.

Untuk memasukkan data acara, caranya mudah!

    1. Silakan akses website www.spektakel.id dan klik tombol “Promosikan Acaramu”.

 

    1. Buat akun dan daftarkan dirimu.

 

    1. Cek email untuk melakukan konfirmasi.

 

    1. Bila sudah mendapatkan ID Pengguna, silakan akses admin panel dan mengisi kolom-kolom yang ada.

 

    1. Simpan acaramu.

 

  1. Atau kirim konten acara ke email [email protected] dengan subjek email [ACARA] – Judul –  Tanggal Acara. Sertakan narasi, judul, foto acara, tanggal, lokasi, dan kontak penyelenggara.

Acara-acara yang ditampilkan di website akan dikurasi terlebih dahulu. Kriteria kurasi meliputi daya tarik acara, kedalaman konteks mengapa acara tersebut diadakan, serta kelengkapan informasi.

 

Kampanye Ini Indonesia!

Tidak perlu menunggu menjadi “traveler” dan melanglang buana untuk dapat berkontribusi cerita untuk kampanye Ini Indonesia!. Bermodal mata jeli dan kemauan untuk menggali cerita, kamu dapat mengirimkan foto dan tulisan ke kami. Hal-hal yang tampak remeh yang ada atau terjadi di sekitar kamu boleh jadi bisa menjadi cerita yang menarik.

Cek konten-konten kampanye Ini Indonesia! di akun-akun media sosial SPEKTAKEL untuk memahami sudut pandang cerita yang layak muat.

Kriteria tulisan yang kami cari:

    1. Tulisan bersifat feature. Artinya, tulisan tersebut merupakan sebuah laporan atau cerita yang awet (timeless).

 

    1. Tulisan berfokus pada manusia (tokoh/individu atau komunitas) dan kegiatan-kegiatannya.

 

    1. Panjang tulisan 300 – 500 kata.

 

    1. Tulisan disertai foto (boleh lebih dari satu) yang merupakan karya penulis. Resolusi ideal foto adalah 1280 X 1920 piksel untuk potrait dan 1920 X 1280 piksel untuk landscape. Bila foto yang disertakan adalah karya orang lain, pastikan telah mendapatkan izin dan cantumkan namanya. SPEKTAKEL tidak bertanggung jawab bila terjadi klaim atas foto yang dikirimkan dan kami terbitkan.

 

    1. Foto yang kami terbitkan akan diberi logo Ini Indonesia!

 

    1. Tulisan yang kami terima tidak menutup kemungkinan tulisan yang pernah dipublikasikan.

 

    1. Kirimkan tulisanmu ke email [email protected] dengan subjek [INI INDONESIA] – Judul Tulisan.

 

  1. Atau simpel saja, tag akun IG @spektakel.id di konten IG kamu yang menurutmu bertema Ini Indonesia! dengan menyertakan tagar #Spektakel dan #IniIndonesia. Kami akan menghubungimu.

Artikel

Kami menerima beragam isu dan tema terkait seni dan budaya. Tulisan bergaya ringan saja, tidak ditulis dalam format akademik dengan gaya bahasa yang kaku dan term-term yang sulit dimengerti. Tulisan bisa berupa pengalaman pribadi atau hal-hal remeh yang terjadi di sekeliling kita.

Kriteria tulisan yang kami cari:

    1. Tulisan dapat berupa liputan, opini, wawancara, cerita perjalanan atau feature.

 

    1. Kamu bisa menulis tentang kegiatan seni budaya, komunitas, ritual, situs atau kuliner nusantara.

 

    1. Panjang tulisan 700 – 1.500 kata.

 

    1. Tulisan disertai foto (boleh lebih dari satu) yang merupakan karya penulis. Resolusi ideal foto adalah 1280 X 1920 piksel untuk potrait dan 1920 X 1280 piksel untuk landscape. Bila foto yang disertakan adalah karya orang lain, pastikan telah mendapatkan izin dan cantumkan namanya. SPEKTAKEL tidak bertanggung jawab bila terjadi klaim atas foto yang dikirimkan dan kami terbitkan.

 

    1. Tulisan yang kami terima tidak menutup kemungkinan tulisan yang pernah dipublikasikan.

 

  1. Kirimkan tulisanmu ke email [email protected] dengan subjek [ARTIKEL] – Judul Tulisan.

Kamu punya konten tapi tidak PD?

Kirim saja dulu gagasanmu. Tulisan-tulisan mentah yang menurut kami potensial tidak boleh gagal dipublikasi. SPEKTAKEL banyak bekerja dengan penulis-penulis pemula.

Bagaimana bila konten kamu dimuat?

Bila konten kalian dimuat, kami akan segera menghubungi kalian melalui email beserta tautan menuju konten kalian.

Mengapa kontenmu tidak kunjung dimuat di SPEKTAKEL?

Kami membutuhkan waktu dua pekan untuk menyeleksi konten. Bila setelah dua pekan kamu tidak menerima email dari kami, berarti konten kalian tidak lolos seleksi Tim Redaksi, di antaranya karena konten mengandung SARA dan bermuatan kebencian atau tidak memenuhi tema dan kriteria penulisan kami.

Apakah kamu akan mendapatkan honorarium bila kontenmu dimuat?

Sobat MissQueen, kalau kamu kebetulan sedang ada di Jakarta, mampirlah ke markas kami. Ceritakan ide-idemu, baik yang berjalan maupun yang tengah mandek, sepanjang tentang seni budaya, mari kita berkolaborasi. SPEKTAKEL juga punya koleksi kopi Nusantara hasil jelajah Plesir! dan koleksi kucing manis nan apatis.

3 Replies to “PANGGILAN UNTUK KONTRIBUTOR”

    1. Haloo,
      Terima kasih sebelumnya atas responnya, sedulur.
      Pada dasarnya, Spektakel sangat mengapresiasi setiap karya yang dikirim oleh kontributor. Di satu sisi, kami juga harus memilih dan memilah kembali karya yang dikirim. Karya yang menurut tim kami paling sesuai dengan kriterian konten Spektakel, tentunya tidak akan kami sia-siakan begitu saja.
      Jadi, sedulur bisa mengirim terlebih dahulu karya sedulur, jika lolos seleksi tim kami, maka kami akan segera menghubungi dan menginformasikan lebih lanjut perihal feed back dan bentuk penghargaan kepada sedulur yang terpilih 🙂

      Karena kami yaqueen, ini bukan ajang perlombaan, ini adalah bentuk dari kontribusi dan kolaborasi yang harus harmoni dan intim 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *