Kenduri di Desa Bedingin

Posted on

Di Desa Bedingin, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo, terdapat ritual budaya yang selalu diiringi dengan Reog, yakni Kenduri Besar. Tradisi yang awalnya diadakan setiap selesai masa panen ini, kemudian disepakati sebagai suatu kegiatan massal yang secara tak terduga mampu meningkatkan kebersamaan penduduk Desa Bedingin.

Suasana magis terlihat saat pembarong mengangkat Dadak Merak berkepala macan seberat 65 kg dengan menyunggi dan menggigitnya. Untuk itu, pembarong dimantrai oleh Warok (seorang penanggung jawab grup). Kemudian, Klono Sewandono mulai menggoda penari Reog, adegan yang menggambarkan pemburuan Si Raja Hutan oleh Sang Raja.


INI INDONESIA! adalah kampanye yang dibuat oleh Spektakel ID untuk menyadarkan kembali betapa Indonesia itu beragam dan kaya warna. Nusantara yang kita kunyah lewat media massa, hanya seujung kuku. Nusantara yang kita harus kenal bukan hanya pemandangan yang indah, tetapi manusia yang menjadikan Indonesia nyata.

Spektakel.id adalah platform direktori acara seni budaya nusantara. Kami mengkurasi beragam acara yang dihimpun dari para pelaku seni budaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *