Anak Putu Mbah Bonokeling

Posted on

Tiga warga sepuh dari desa Pekuncen, Banyumas, rumah bagi kaum adat Bonokeling. Mereka adalah keturunan dari Kyai Bonokeling, atau biasa disebut dengan istilah Anak Putu Mbah Bonokeling. Dalam ajaran Bonokeling, kedudukan wanita sangat dihormati.

Terdapat lima hal yang dianjurkan dalam ajaran Bonokeling. Pertama, monembah, artinya kita sebagai manusia dianjurkan menyembah dan beribadah kepada Tuhan sesuai keyakinan masing-masing.

Kedua, moguru atau patuh terhadap kedua orang tua. Ketiga, mongabdi yang berarti saling menghargai antar sesama dan menjalin hubungan baik antar umat. Keempat, makaryo yang berarti bekerja, sebab tanpa bekerja manusia tak bisa mendapatkan uang yang menunjang kehidupannya di dunia.

Ajaran terakhir yang dianjurkan adalah maneges manunggaling kawula Gusti, yang artinya hubungan manusia dengan Tuhan tidak melalui perantara apapun seperti yang dilakukan oleh beberapa agama yang memiliki utusan atau rasul. Dalam keyakinan Bonokeling, setiap orang yang lahir di muka bumi adalah titipan Tuhan.

 


INI INDONESIA! adalah kampanye yang dibuat oleh Spektakel ID untuk menyadarkan kembali betapa Indonesia itu beragam dan kaya warna. Nusantara yang kita kunyah lewat media massa, hanya seujung kuku. Nusantara yang kita harus kenal bukan hanya pemandangan yang indah, tetapi manusia yang menjadikan Indonesia nyata.

Spektakel.id adalah platform direktori acara seni budaya nusantara. Kami mengkurasi beragam acara yang dihimpun dari para pelaku seni budaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *